SOSIALISASI PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH (BMD) DAN BIMBINGAN TEKNIS PENERAPAN APLIKASI SISTEM AGREGASI PELAPORAN BARANG MILIK DAERAH (SIGOLABANG)

Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2014, Menteri Dalam Negeri menetapkan kebijakan dan melakukan pembinaan pengelolaan barang milik daerah, oleh karena itu Menteri Dalam Negeri menyusun Permendagri Nomor 19 tahun 2016 yang mengatur tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Pengelolaan barang milik daerah merupakan bagian dari pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, barang milik daerah merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Pengelolaan barang milik daerah yang baik akan mencerminkan pengelolaan keuangan daerah yang baik. Oleh karena itu, tentu saja pengelolaan barang milik daerah harus dilakukan dengan baik dan benar.

Dalam rangka penguatan peran pejabat pengelola barang milik daerah yang diamanatkan dalam Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, dan mewujudkan pemahaman yang komprehensif mengenai Pengelolaan Barang Milik Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh maka Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh melalui Bidang Aset melakukan sosialisasi dan Bimtek kepada pejabat pengelola barang seluruh SKPD yang ada di Pemerintah Kota Banda Aceh.

Adapun Maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah:

Melakukan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Sigolabang kepada Pejabat Pengelola Barang Milik Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah:

No Indikator Kinerja (Keberhasilan) Alat Verifikasi
1 Terselenggaranya Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah TOR, Bahan Presentasi, dan dokumentasi.
2 Peraturan terkait tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah disosialisasikan kepada pejabat pengelola barang milik daerah Dokumen Pendukung Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan BMD (materi pengelolaan BMD, Peraturan  terkait, dll) disampaikan kepada peserta
3 Terlaksananya Bimtek Penerapan Aplikasi Sigolabang Aplikasi Sigolabang, Laporan BMD (Kartu Inventaris Barang, Buku Inventaris, dll)

Melalui kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Sigolabang ini diharapkan akan memberikan tambahan wawasan dan pemahaman secara komprehensif kepada para pejabat pengelola barang daerah serta dapat menerapkannya ke dalam pengelolaan barang milik daerah pada SKPD masing-masing.