Kegiatan BIMTEK Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) Tahun 2015

Kegiatan BIMTEK Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) yang dilaksanakan pada tanggal 02 s.d 12 November 2015 ini diikuti oleh seluruh pengurus barang atau operator pada SKPD, Unit Kerja dan Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Aplikasi SIMBADA ini merupakan program aplikasi bantuan dari BRR pasca tsunami sejak tahun 2009 yang lalu, namun karena belum didukung dengan infrastruktur yang memadai dalam bidang Informasi dan Teknologi, aplikasi ini belum bisa digunakan dalam tata kelola Barang Milik Daerah.

Seiring dengan perkembangan Kota Banda Aceh yang saat ini sudah menerapkan sistem berbasis aplikasi dalam berbagai bidang pada tata kelola pemerintahannya, maka SIMBADA akan diaktifkan kembali mulai dari tahun 2015 ini. Aplikasi SIMBADA ini pada awalnya berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah, kemudian dilakukan modifikasi atau penyesuaian terkait dengan berlakunya beberapa peraturan diantaranya adalah Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 63 Tahun 2010 tentang Pedoman Kapitalisasi Barang Milik/Kekayaan Daerah Dalam Kebijakan Akuntansi Pemerintah Kota Banda Aceh dan dengan berlakunya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah dan Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 32 Tahun 2013 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Kota Banda Aceh.

Bimtek Penerapan Aplikasi SIMBADA yang dilaksanakan di Ruang Pelatihan Komputer BKPP Kota Banda Aceh ini diharapkan agar kedepannya para pengurus barang dapat lebih mudah dalam melakukan pendaftaran dan pencatatan serta pelaporan barang milik daerah secara akurat dan cepat.

IMG_8166-web IMG_8178-web IMG_8155-web IMG_8165-web IMG_8154-web

Updated: 17 November 2015 — 12:17

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BPKK Kota Banda Aceh © 2017 Frontier Theme
Informasi untuk seluruh SKPD dan Pihak Ketiga, bahwa untuk melihat informasi SP2D yang sudah dicairkan oleh Bank, bisa dilihat pada menu e-SP2D..!!!