Bank Aceh Serahkan Touchscreen Layanan e-SP2D Kepada Pemko Banda Aceh

Banda Aceh, Dalam rangka membantu peningkatan pelayanan informasi prosesi pencairan SP2D di Kota Banda Aceh, PT. Bank Aceh menyerahkan bantuan 1 unit komputer touchscreen kepada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD)  Kota Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh, rabu (13/1)

Komputer touchscreen tersebut diserahkan langsung oleh Pimpinan Bank Aceh Kantor Pusat Operasional (KPO) Banda Aceh, Budi Kafrawi kepada Kepala Dinas DPKAD Kota Banda Aceh Drs. Purnama Karya, MM dan disaksikan oleh Wapim Bidang Bisnis KPO Banda Aceh Numairi Mukhtar, Kepala Capem Balai Kota Teuku Zulfikar, bersama karyawan-karyawati Bank Aceh, dan dari pihak DPKAD Kota Banda Aceh diwakili oleh Sekretaris DPKAD Tarmizi SE, M.Si, Kuasa Bendaharan Umum Daerah (BUD) Sofan Hidayat, SE.Ak dan Muhammad Shaleh, SE, Koordinator TI DPKAD Kota Banda Aceh.

Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kerja sama antara PT. Bank Aceh dengan Pemerintah Kota Banda Aceh khususnya DPKAD dalam mewujudkan transparansi informasi pembayaran melalui Aplikasi e-SP2D.

Pimpinan KPO Budi Kafrawi memandang positif pencapaian yang telah diraih oleh Pemko Banda Aceh melalui program Aplikasi e-SP2D. Menurutnya, ini merupakan terobosan teknologi baru dalam pengelolaan keuangan daerah melalui pelayanan elektronik SP2D yang menghubungkan jaringan online antara Bank Aceh dan Bidang Perbendaharaan DPKAD Kota Banda Aceh. Ia mengharapkan, kerjsama ini dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi e-SP2D ini diimplementasikan sejak akhir tahun 2014 dan telah mendapatkan penghargaan pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Tahun 2015 tingkat nasional dengan meraih peringkat TOP 99 yang diselengarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) pada tanggal 15 Mei 2015. e-SP2D  adalah aplikasi yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya rekanan tentang progress pencairan dana atas pekerjaan yang telah mereka selesaikan baik melalui website, display monitor maupun komputer touchscreen, monitor dan komputer touchscreen dapat diakses di ruangan lobi balaikota gedung B sedangkan website dapat diakses di http://bpkk.bandaacehkota.go.id/ pada menu e-SP2D.

Manfaat Aplikasi e-SP2D adalah sebagai berikut :

  1. Posisi dan status dokumen pencairan lebih mudah dideteksi, siapapun dapat mengakses informasi secara langsung berdasarkan pencarian nomor SPM ataupun rekening tujuan, baik per-SKPD maupun seluruh SPKD.
  2. Mengurangi intervensi pihak ketiga terhadap verifikator dokumen pencairan mengingat informasi status dokumen dapat diakses secara online, maka tidak ada alasan bagi pihak ketiga untuk masuk ke ruangan verifikasi di Bidang Perbendaharaan.
  3. Menghapus kemungkinan kontak langsung antara pihak ketiga dengan verifikator yang secara signifikan juga melenyapkan indikasi adanya gratifikasi kepada verifikator.
  4. Mempercepat Bank Aceh dalam melakukan pencairan dana mengingat pengiriman SP2D ke Bank juga disertai data elektronik sebagaimana kebutuhan Aplikasi Bank Aceh itu sendiri.
Updated: 15 January 2016 — 17:23

12 Comments

Add a Comment
  1. yes infomasi ketemu, terima kasih

  2. Thanks untuk informasinya

  3. Pimpinan KPO Budi Kafrawi melihat positif perolehan yang sudah dicapai oleh Pemko Banda Aceh lewat program Aplikasi e-SP2D. Menurut dia, ini adalah terobosan tehnologi baru dalam pengelolaan keuangan daerah lewat service elektronik SP2D yang menghubungkan jaringan on-line pada Bank Aceh serta Bagian Perbendaharaan DPKAD Kota Banda Aceh. Ia menginginkan, kerjsama ini bisa ditingkatkan untuk mengoptimalkan service pada orang-orang.

  4. Aceh memang selalu menjadi yang terbaik, Go Aceh!

  5. Aplikasi e-SP2D ini diimplementasikan sejak akhir tahun 2014 dan telah mendapatkan penghargaan pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Tahun 2015 tingkat nasional dengan meraih peringkat TOP 99 yang diselengarakan

  6. Berita dan Informasi terbaik!

  7. For the welfare of the people of banda aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BPKK Kota Banda Aceh © 2017 Frontier Theme
Informasi untuk seluruh SKPD dan Pihak Ketiga, bahwa untuk melihat informasi SP2D yang sudah dicairkan oleh Bank, bisa dilihat pada menu e-SP2D..!!!