Tim Gojak Kembali Sambangi Tempat Usaha Wajib Pajak

Banda Aceh – Tim Gowes Sosialisasi Pajak (Gojak) kembali menyambangi sejumlah tempat usaha wanib pajak pada Jumat (29/01/2021) pagi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi Qanun nomor 6 tahun 2011 tentang Pajak Restoran dan Qanun nomor 7 tahun 2011 tentang Pajak Hotel kepada masyarakat, terutama pemilik usaha.

Dari kantor Badan Pengelola Keuangan Kota (BPKK) Banda Aceh, tim Gojak yang dipimpin oleh Kepala BPKK Iqbal Rokan bergerak ke arah barat kota. Tujuan pertama adalah Meuligo Kupi yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Di sini, tim Gojak berdiskusi dengan Husniadi, pemilik Meuligo Kupi. Sebagai pengusaha, Husni menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh BPKK.

“Baik sekali. Saya sangat mendukung apa yang dilakukan BPKK. Harusnya dari dulu (kegiatan ini dilakukan),” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris BPKK Basri menyebutkan, Meuligo Kupi merupakan salah satu contoh bagi pemilik usaha sejenis di Banda Aceh.

“Kita berharap ada kesadaran dari para pemilik usaha untuk sama-sama membangun kota. Bapak Husni selama ini rajin menyetorkan pajak warung kopi miliknya ke BPKK,” ujarnya.

Dari Meuligo Kupi, tim kembali bersepeda menuju Citra Kupi di Jalan Cut Nyak Dhien, Emperom. Di sini tim disambut Aulia, pemilik Citra Kupi. Ketika dimintai tanggapannya terhadap kegiatan ini, Aulia berpesan kepada pemilik usaha warkop yang lain agar taat membayar pajak.

“(Pajak) ini kan untuk membangun kota. Dengan membayar pajak, berarti kita sudah membantu pemerintah melakukan pembangunan. Jadi kalau bisa, kita sama-sama (membayar pajak).”

Aulia menambahkan, usahanya tersebut baru beberapa bulan berjalan. Jadi kegiatan sosialisasi oleh BPKK lewat program Gojak sangat membantu agar masyarakat sadar akan tanggung jawabnya membayar pajak.

“Jadi pelanggan kami kan jadi paham. Bukan harga kopinya yang naik, tapi ada pajak yang harus dibayar untuk pembangunan kota,” tukas pria yang sehari-hari juga bertugas sebagai anggota Polri tersebut.

Pada kesempatan hari ini, tim Gojak bersepeda sejauh 15 KM. Selain Meuligo dan Citra, tim Gojak juga mengunjungi beberapa warung kopi lainnya seperti Urban Coffe dan Cafe Hanakaru. Sebelum kembali ke Kantor BPKK, tim Gojak juga menyempatkan diri mengunjungi Amel Hotel and Convention di bilangan Punge Ujong.

Kepada Muhaidarus selaku pengelola hotel, tim Gojak menyerahkan banner dan plakat himbauan untuk membayar pajak.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Gojak ke lokasi usahanya. Ia menganggap hal tersebut merupakan terobosan penting dalam rangka membangun kerja sama yang baik antara pemerintah dan pelaku usaha. (bink)