BeritaInfoSEKILAS KOTA

PT Leviza Yalzy Properti serahkan PSU Perumahan Senilai 2,9 M Kepada Pemko Banda Aceh

Banda Aceh – PT Leviza Yalzy Properti selaku pengembang komplek perumahan Grand Levita Lingke menyerahkan sejumlah prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) perumahan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh. Serah terima tersebut berlangsung di ruang rapat walikota pada hari kamis (23/12/2021) pagi waktu setempat. Kegiatan diawali dengan proses penandatanganan Berita Acara Serah Terima PSU dari Direktur PT Levita Yalzy Property Teuku Rezi Fahlevi kepada Pemerintah Kota Banda Aceh dan dilanjutkan dengan penyerahan sertipikat hak milik.

Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman S.E, Ak, M.M pada kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas komitmen PT Leviza Yalzi Properti dalam mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“PSU perumahan yang dibangun oleh pengembang, sesuai Permendagri No. 9 tahun 2009 harus diserahkan kepada pemerintah daerah agar selanjutnya tercatat sebagai Barang Milik Daerah. Hal tersebut juga diatur dengan Perwal Kota Banda Aceh No. 110 tahun 2020 tentang penyerahan sarana, prasarana, dan utilitas perumahan dan permukiman oleh pengembang kepada Pemerintah Kota Banda Aceh,” Ujarnya.

Aminullah juga menyebutkan bahwa penyerahan PSU pada permukiman kepada pemerintah merupakan bentuk peralihan tanggung jawab pengelolaan fasilitas publik dari pengembang kepada pemerintah.

“Ini merupakan bentuk perlindungan pemerintah kepada warga Kota Banda Aceh agar mendapatkan tempat tinggal yang baik dan layak huni. Dengan dicatat sebagai Barang Milik Daerah, maka perawatan serta perbaikan fasilitas tersebut nantinya menjadi tanggung jawab pemerintah ,” Tuturnya.

Lebih lanjut Aminullah merincikan PSU dalam kawasan perumahan yang diserahkan PT Leviza Yalzi Properti kepada Pemerintah Kota Banda Aceh berupa tanah jalan seluas 5.651 m2, jaringan jalan seluas 5.322,13 m2, serta jaringan drainase dengan volume 531,94 m2.

“Semuanya sudah bersertipikat. Secara total nilai aset yang diserahkan tersebut mencapai 2,9 Miliar rupiah,” Pungkasnya.

Share:
Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali menerima penghargaan bidang Pengelolaan Keuangan Kota dari Gubernur Aceh. Penghargaan itu diberikan atas prestasi Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Aminullah Usman dan Zainal Arifin dalam percepat penyaluran Dana Desa tahap satu tahun anggaran 2021. Penghargaan berupa piagam tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada Wali Kota Aminullah, Selasa (30/3/2021). Penghargaan serupa juga diberikan kepada, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK) Kota Banda Aceh, serta Camat Kutaràja. Wali Kota Aminullah menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh jajarannya atas kerja keras dalam proses percepatan penyaluran Dana Desa di Kota Banda Aceh. “Saya memberikan apresiasi kepada jajaran DPMG dan BPKK. Alhamdulillah tahun ini kita bisa melakukan percepatan Dana Desa seperti tahun-tahun sebelumnya.” Aminullah berharap, Dana Desa dapat cepat dipergunakan di gampong sesuai program dan kegiatan yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) di masing-masing gampong. “Kita berharap dana yang sudah kita salurkan dapat dimanfaatkan oleh gampong, dan penghargaan yang kita terima menjadi pemacu semangat untuk terus bekerja dalam upaya meningkatkan tarap hidup masyarakat gampong,” katanya