Pengelolaan Manajemen Keuangan Daerah pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Pemerintah Kota (PEMKO) Banda Aceh saat ini menggunakan Aplikasi Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD). Secara mendasar, salah satu  proses yang dilakukan adalah entri data yang berkenaan dengan Dokumen SP2D dan Dokumen SPM. Dalam pelaksanaan proses - proses tersebut, terdapat permasalahan – permasalahan urgent yang membutuhkan penanganan cepat, tepat dan efektif. Hal ini diperlukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan produktivitas bagi pelayanan terhadap SKPD, Pihak Ketiga, Mitra Kerja (Bank Aceh) maupun manajemen internal DPKAD sendiri. Dalam Aplikasi SIPKD terdapat proses pengajuan dokumen SPM hingga menjadi dokumen SP2D. Proses tersebut belum dapat menampilkan bagaimana Dokumen SPM masuk ke Loket Pencatat hingga diverifikasi menjadi dokumen SP2D sah. Pada kasus yang sering terjadi bisa saja pada dokumen SPM dilakukan verifikasi ulang dikarenakan kurang lengkapnya dokumen fisik atau kesalahan dalam perhitungan/jumlah uang yang harus dicairkan. Tahapan – tahapan ini memerlukan pencatatan lebih rinci sehingga memudahkan koordinasi antara SKPD dan Petugas yang bertanggung jawab pada Bagian Perbendaharaan DPKAD Kota Banda Aceh. Bahkan pada dokumen SPM yang telah diverifikasi menjadi SP2D pun bisa saja terjadi perbaikan ulang dikarenakan adanya kekeliruan yang telah disebutkan tadi dimana baru dideteksi setelah menjadi dokumen SP2D. Oleh sebab itu DPKAD melalui Koordinator TI bersama Team TI DPKAD membangun sebuah Aplikasi yaitu Modul Agenda SPM. Modul Agenda SPM digunakan oleh Petugas Loket Belanja Langsung, Loket Belanja Tidak Langsung, Verifikator Belanja Langsung dan Verifikator Belanja Tidak Langsung pada Bidang Perbendaharaan.  Masing – masing petugas memiliki akses sendiri – sendiri sesuai dengan pengaturan pada Aplikasi SIPKD.  Aplikasi Modul diinstal pada 9 PC dengan spesifikasi standar menggunakan Sistem Operasi Windows 7 dan Windows XP. Aplikasi ini digunakan untuk proses penerimaan dokumen SPM hingga ke verifikasi dokumen SPM menjadi dokumen SP2D. Fitur – fitur yang ada : Pencarian Dokumen SPM yang sudah diproses Langsung terintegrasi dengan Database SIPKD Pencatatan waktu transaksi meliputi : Loket Penerimaan, Verifikasi  dan Verifikasi Lanjutan Koreksi hingga pada tahapan sudah menjadi Dokumen SP2D Cetak Rekapitulasi Agenda dan Verifikator Dokumentasi Pelatihan Operator Modul Agenda SPM :